Jumat, 28 Januari 2011

Mengambil nama belakang



Pertanyaan:
"Hai bapak dan ibu guru Exceltainment... langsung aja nih, kalau saya punya list nama orang yang terdiri dari dua suku kata, tiga suku kata, dan jumlahnya tidak beraturan... Gimana ya cara mengambil nama belakangnya? Karena setelah saya coba =MID( ) saja tidak cukup, karena tidak ada polanya. Tolongin ya, list namanya panjang banget, masak kerja manual? Saya nggak ada waktu nih, bentar lagi harus nyanyi." - Justin Bibir, Pulau Bibir.

Jawab:
Hai Justin... langsung saya jawab ya. Ini juga salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan di milis XL-mania, forum-forum microsoft excel, dan tempat belajar excel gratis lainnya. Saya berikan contoh seperti gambar di atas. Di sisi kiri adalah data sumber, dan di kanan hasilnya. Misalnya data ada di B3:B12, dan hasil di D3:D12, maka di D3, formulanya adalah:
=MID(B3,1+FIND("^",SUBSTITUTE(B3," ","^",LEN(B3)-LEN(SUBSTITUTE(B3," ","")))),99), kemudian copy ke range D4 sampai D16.

Penjelasan:

1. ...LEN(B3)... berfungsi untuk menghitung banyak karakter pada B3.
2. ...SUBSTITUTE(B3," ","")... berfungsi untuk memberikan suatu kalimat seperti B3 tetapi tanpa spasi. Jadi misalnya ada kata "abimono abimono abimono", maka hasilnya adalah "abimonoabimonoabimono".
3. ...LEN(SUBSTITUTE(B3," ","")) berfungsi untuk menghitung banyak karakter pada B3 jika semua spasi dihilangkan.
4. Hasil pengurangan nomer 1 dan nomer 3 menghasilkan banyaknya jumlah spasi pada kalimat. Banyak spasi ini sekaligus menggambarkan urutan spasi terakhir pada suatu kalimat. Misalnya kalimat tersebut adalah "abimono abimono abimono", maka hasil dari langkah ke 4 ini adalah 2, yang artinya jumlah spasi adalah 2 dan spasi terakhir ini adalah urutan ke-2 dari semua spasi.
5. ...SUBSTITUTE(B3," ","^" [banyaknya spasi])... menghasilkan perubahan spasi terakhir pada kalimat menjadi "^".
6. ...FIND("^", [hasil nomer 5]) menghasilkan urutan karakter "^" dari seluruh karakter pada kalimat.
7. =MID(B3,1+ [hasil nomer 6], 99) artinya kita mengambil karakter sebanyak 99 karakter, dimulai dari karakter [hasil nomer 6] (tempat ditemukannya "^") ditambah 1 karakter pada kalimat di B3.

Sharing File Excel


Sharing Workbook di Microsoft Excel

Sharing workbook adalah fasilitas penggunaan file Excel secara multiuser, yakni penggunaan satu file Excel secara bersama-sama. Setelah sebuah file Excel di share, beberapa orang menjadi dapat mengedit data secara simultan, baik nilainya, formatnya, maupun data-data lainnya yang terdapat pada workbook.Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan Sharing Workbook

Harap diperhatikan, dengan melakukan sharing workbook, maka beberapa fasilitas didalam Excel menjadi tidak dapat lagi kita lakukan, yaitu: merge cell, delete atau insert row-column, delete worksheet, melakukan perubahan pada dialog box dan menu, conditional format dan data validation, insert charts, pictures, objects, atau hyperlinks, menggunakan drawing tools, membuat password, melihat atau merubah atau menyimpan scenarios, group atau outline data, insert subtotals, membuat data tables, membuat pivottable atau pivotchart, serta membuat macro.

Jumlah user maksimum yang dapat menggunakan file Excel yang telah di sharing adalah 256 orang. User yang dapat menggunakan file ini dapat dibatasi hak penggunaannya sesuai dengan setting permission yang diset di dalam suatu folder sharing network. Dengan kata lain, semua user yang mempunyai akses/permission pada suatu folder sharing secara full permission, maka ia pun mempunyai akses yang sama ke dalam file Excel tersebut.

Membuat Sharing Workbook

Untuk membuat suatu file Excel agar dapat digunakan secara multi user, silahkan ikuti beberapa langkah sebagai berikut:

1. Pada menu Tools, klik Share Workbook, kemudian klik tab Editing.

2. Beri tanda check list pada check box Allow changes by more than one user at the same time, kemudian klik OK.



3. Maka akan muncul kotak dialog Save Workbook. Silahkan save / simpan file yang telah di share ini di lokasi network (folder sharing) yang mana user-user yang Anda inginkan dapat mengakses folder ini.
Fasilitas Advanced pada Share Workbook

Jika kita lihat gambar di atas, terdapat tab Advanced di sebelah tab Editing. Saya coba terangkan beberapa bagiannya sebagai berikut:


1. Track changes :

- Keep change history for 30 days. Dengan memilih pilihan ini, maka segala perubahan yang terjadi selama 30 hari akan disimpan. Jadi jika ada beberapa data yang sebenarnya tidak ingin berubah, namun ternyata ada seorang user yang telah merubahnya, maka Anda dapat menghubungi user tersebut, kemudian data original-nya kita restore/copy kembali.

- Don’t keep change history. Pilihan ini membuat Excel tidak mencatat history setiap perubahan yang terjadi.

2. Update change :

- When file is saved. Pilihlah ini jika Anda ingin setiap perubahan yang dilakukan oleh masing-masing user dapat diupdate ke dalam file Excel dengan cara men-save file Excel ini.

- Automatically every 15 minutes. Pada pilihan ini masih terdapat dua pilihan, yaitu :

· Save my changes and see others’ changes. Dengan memilih pilihan ini, maka secara otomatis, setiap 15 menit file Excel Anda akan selalu di Save, kemudian perbahan-perubahan yang dilakukan oleh user-user lainnya akan diperlihatkan.

· Just see other users’ changes. File Excel Anda tidak akan di Save, tapi perubahan-perubahan yang dilakukan oleh user-user selain Anda akan diperlihatkan setiap 15 menit sekali.


3. Conflicting changes between users :

- Ask me which changes win. Dengan memilih pilihan ini, setiap perubahan yang terjadi pada sell/lokasi yang sama akan langsung muncul peringatan, kemudian kita diminta memilih, perubahan oleh user yang mana yang akan disimpan oleh Excel.

- The changes being saved win. Maka siapapun yang telah men-save paling terakhir, data dialah yang akan disimpan oleh Excel.


4. Include in personal View:

- Print settings. Maka settingan print Anda akan disimpan selalu walaupun user-user lainnya berbeda settingan print-nya. Misalnya user A format kertasnya = Landscape dan user B menggunakan format kertas Potrait. Maka pilihan user A dan user B akan selalu tersimpan untuk masing-masing user tersebut, walaupun user-user lainnya merubah settingan print-nya. Print setting ini akan berubah jika kita sendiri yang merubahnya. Dengan kata lain, masing-masing user mempunyai setting print yang berbeda sesuai yang diinginkan.

- Filter settings. Filter-filter yang telah kita buat tidak akan berubah walaupun user-user lainnya merubahnya. Filter setting ini akan berubah jika kita sendiri yang merubahnya.


Membuat Sharing Workbook dengan Menjaga History Agar Tidak Terhapus Oleh Yang Tidak Berhak

Pada metode sebelumnya, user yang pertama kali membuka workbook menjadi user yang exclusive, artinya ia dapat saja mengubah settingan workbook, atau bahkan meng-unshare workbook. Supaya sharing workbook tetap terjaga, dan juga history setiap perubahan tidak terhapus oleh yang tidak berhak, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Klik menu Tools à Shaer Workbook.

2. Hilangkan tanda centang pada check box Allow changes by more than one user at the same time, kemudian klik OK.

3. Klik menu Tools à Protection à Protect Shared Workbook.

4. Beri tanda centang pada check box Sharing with track changes.

5. Isilah passwordnya, lalu klik OK.

6. Isi kembali passwordnya, lalu klik OK.

Saya menyarankan agar kita memilih metode ini daripada metode sebelumnya.


Mengijinkan dan Meng-Cancel Perubahan Yang Terjadi

Untuk mengetahui apa saja yang berubah, klik menu Tools à Track Changes à Highlight Changes. Untuk mengijinkan dan Meng-cancel perubahan yang terjadi, Anda dapat menggunakan menu Tools à Track Changes à Accept or Reject Changes.

Sabtu, 22 Januari 2011

Kurikulum SMP


Kurikulum SMP YMIK 2010 download klik disini


Kurikulum SMP YMIK 0910 -

Kamis, 13 Januari 2011

Kisah nyata gadis cilik usia 10 tahun dari Mesir " Baraah"





Kisah Nyata Gadis berumur 10 tahun bernama Baraah Posted by Black Jecks on April 7, 2010 10 baaraah samih Kisah Nyata Gadis berumur 10 tahun bernama Baraah Baraah Sameh Gadis Baraah kisah gadis kecil asal mesir berumur 10 tahun bernama Baraah, orangtuanya dokter dan pindah ke Arab Saudi untuk mencari kehidupan yang lebih baik. . Pada usia ini, Baraah menghafal seluruh Al Qur’an dengan tajweed, dia sangat
cerdas dan gurunya mengatakan bahwa dia sudah maju untuk anak seusianya. . Keluarganya sederhana dan berkomitmen untuk Islam dan ajaran-ajarannya … . hingga suatu hari ibunya mulai merasa sakit perut yang parah dan setelah beberapa kali diperiksakan diketahuilah ibu baraah menderita kanker, dan kanker ini sudah dalam keadaan stadium akhir/kronis. . Ibu baraah berfikir untuk memberitahu putrinya, terutama jika ia terbangun suatu hari dan tidak menemukan ibunya di sampingnya … dan inilah ucapan ibu baraah kepadanya “Baraah aku akan pergi ke surga , tapi aku ingin kamu selalu membaca Al-Quran dan menghafalkannya setiap hari karena Ia akan menjadi pelindungmu kelak… “ Gadis kecil itu tidak terlalu mengerti apa yang ibunya katakan , Tapi dia mulai merasakan perubahan keadaan ibunya, terutama ketika ia mulai dipindahkan ke rumah sakit untuk waktu yang lama. Gadis kecil ini menggunakan waktu sepulang sekolahnya untuk menjenguk ibunya ke rumah sakit dan membaca Quran untuk ibunya sampai malam sampai ayahnya datang dan membawanya pulang. Suatu hari pihak rumah sakit memberitahu ayah baraah bahwa kondisi istrinya itu sangat buruk dan ia perlu datang secepatnya, melalui telfon, sehingga ayah baraah menjemput Baraah dari sekolah dan menuju ke rumah sakit. Ketika mereka tiba di depan rumah sakit ayahnya memintanya untuk tinggal di mobil … sehingga ia tidak akan shock jika ibunya meninggal dunia. Ayah keluar dari mobilnya, dengan penuh air mata di matanya, ia menyeberang jalan untuk masuk rumah sakit, tapi tiba-tiba datang sebuah mobil melaju kencang dan menabrak ayah baraah dan ia meninggal seketika di depan putrinya itu…tak terbayangkan ..tangis gadis kecil ini pada saat itu…! Tragedi Baraah belum selesai sampai di sini… berita kematian ayahnya yang disembunyikan dari ibu baraah yang masih opname di rumah sakit, namun setelah lima hari semenjak kematian suaminya akhirnya ibu baraah meninggal dunia juga. Dan kini gadis kecil ini sendirian tanpa kedua orangtuanya , dan dengan bantuan teman-teman ayahnya untuk mencarikan keluarga di Mesir, sehingga keluarganya bisa merawatnya. Tak berapa lama tinggal di mesir gadis kecil Baraah mulai mengalami nyeri seperti yang pernah dialami ibunya, dan oleh keluarganya ia lalu di periksakan , setelah beberapa kali tes di dapati baraah juga mengidap kanker … tapi sungguh mengejutkan kala ia di beritahu kalau ia menderita kanker….inilah perkataan baraah kala itu: “Alhamdulillah, saya akan bertemu dengan kedua orang tua saya.” Semua teman-teman dan keluarga terkejut. Gadis kecil ini sedang menghadapi musibah yang bertubi-tubi dan dia tetap sabar dan ikhlas dengan apa yang ditetapkan Allah untuknya!…..Subhanallah Orang-orang mulai mendengar tentang Baraah dan ceritanya, dan salah seorang dermawan dari Saudi(yang tidak ingin di sebutkan namanya) memutuskan untuk mengurus dan mengirimnya ke Inggris untuk pengobatan. Salah satu channel TV Islam “Al Hafiz” sempat kontak via telpon dengan gadis kecil ini dan memintanya untuk membaca Quran … dan inilah suara indah yang di lantunkan oleh baraah …

Dikutip Dari: http://www.2lisan.com/tulisan/kisah2/kisah-nyata-gadis-berumur-10-tahun/

Jumat, 07 Januari 2011

PERUBAHAN PENYELENGGARAAN UN TAHUN 2011


1 Tidak ada ujian ulang
2 Ujian sekolah dilaksanakan sebelum Ujian Nasional
3 Jadwal pelaksanaan Ujian Nasional SMA/MA SMK mulai 18 April
4 Jadwal pelaksanaan Ujian Nasional SMP/MTS mulai 25 April
5 UN SMK pemindaian oleh perguruan tinggi negeri
6 Nilai Kompetensi Keahlian
- Ujian teori kejuruan, master soal dari pusat, skoring oleh sekolah
- Nilai Kompetensi keahlian merupakan salah satu nilai ujian nasional
- Nilai Komptensi Keahlian adalah gabungan dari praktek 70% dan teori 30%
7 KRITERIA KELULUSAN UN
- kriteria kelulusan UN mengikutsertakan nilai sekolah
- Nilai sekolah adalah gabungan nilai rapor semester 3,4,5 dan ujian sekolah
- penggabungan nilai un dan nilai sekolah dilaksanakan pusat
- Kriteria kelulusan UN : tidak ada nilai gabungan di bawah 4
dan rata-rata >= 5.50;
khusus SMK nilai kompetensi keahlian harus >= 7.00
8 Sekolah mengirim nilai sekolah, baik mapel UN maupun yang tidak ke pusat.
Nilai sekolah harus sudah diterima pusat satu minggu sebelum UN

Pedoman Operasional Standar (POS) UN SMP-SMA-SMK Tahun 2011 Klik Disini

Kamis, 06 Januari 2011

Penghitungan Kelulusan Siswa Tahun 2010/2011


Cara Menghitung Kelulusan Siswa

• Nilai Gabungan (NG) = 0,6X + 0,4Y (60%UN dan 40 % nilai sekolah)

• Nilai Sekolah (Y): Nilai rata-rata ujian sekolah (US) dan nilai rapor semester 3-5 mata pelajaran non-UN

• Nilai UN (X)

• Bobot standar minimal nilai masih dibahas, diusulkan minimal 5,5

• Misal : Siswa A memiliki nilai UN (X) 4 dan nilai US (Y) 5,5

• NG = 2,4 + 2,2 = 4,6 = tidak lulus

Silakan Klik disini Untuk Download

Pedoman Operasional Standar (POS) UN SMP-SMA-SMK Tahun 2011 Klik Disini



Sumber: http://davotmarbun.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-tombol-next-page-pada-blog.html#ixzz2CLztSGjI