Sabtu, 29 Januari 2011

Mengambil nama belakang



Pertanyaan:
"Hai bapak dan ibu guru Exceltainment... langsung aja nih, kalau saya punya list nama orang yang terdiri dari dua suku kata, tiga suku kata, dan jumlahnya tidak beraturan... Gimana ya cara mengambil nama belakangnya? Karena setelah saya coba =MID( ) saja tidak cukup, karena tidak ada polanya. Tolongin ya, list namanya panjang banget, masak kerja manual? Saya nggak ada waktu nih, bentar lagi harus nyanyi." - Justin Bibir, Pulau Bibir.

Jawab:
Hai Justin... langsung saya jawab ya. Ini juga salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan di milis XL-mania, forum-forum microsoft excel, dan tempat belajar excel gratis lainnya. Saya berikan contoh seperti gambar di atas. Di sisi kiri adalah data sumber, dan di kanan hasilnya. Misalnya data ada di B3:B12, dan hasil di D3:D12, maka di D3, formulanya adalah:
=MID(B3,1+FIND("^",SUBSTITUTE(B3," ","^",LEN(B3)-LEN(SUBSTITUTE(B3," ","")))),99), kemudian copy ke range D4 sampai D16.

Penjelasan:

1. ...LEN(B3)... berfungsi untuk menghitung banyak karakter pada B3.
2. ...SUBSTITUTE(B3," ","")... berfungsi untuk memberikan suatu kalimat seperti B3 tetapi tanpa spasi. Jadi misalnya ada kata "abimono abimono abimono", maka hasilnya adalah "abimonoabimonoabimono".
3. ...LEN(SUBSTITUTE(B3," ","")) berfungsi untuk menghitung banyak karakter pada B3 jika semua spasi dihilangkan.
4. Hasil pengurangan nomer 1 dan nomer 3 menghasilkan banyaknya jumlah spasi pada kalimat. Banyak spasi ini sekaligus menggambarkan urutan spasi terakhir pada suatu kalimat. Misalnya kalimat tersebut adalah "abimono abimono abimono", maka hasil dari langkah ke 4 ini adalah 2, yang artinya jumlah spasi adalah 2 dan spasi terakhir ini adalah urutan ke-2 dari semua spasi.
5. ...SUBSTITUTE(B3," ","^" [banyaknya spasi])... menghasilkan perubahan spasi terakhir pada kalimat menjadi "^".
6. ...FIND("^", [hasil nomer 5]) menghasilkan urutan karakter "^" dari seluruh karakter pada kalimat.
7. =MID(B3,1+ [hasil nomer 6], 99) artinya kita mengambil karakter sebanyak 99 karakter, dimulai dari karakter [hasil nomer 6] (tempat ditemukannya "^") ditambah 1 karakter pada kalimat di B3.


Sumber www.XL-mania.com
Sumber: http://davotmarbun.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-tombol-next-page-pada-blog.html#ixzz2CLztSGjI